12 Buah Kaya Serat Dan Rendah Purin Ampuh Mengatasi Asam Urat

Buahpedia.com - Karena nyeri asam urat sifatnya kambuhan, maka Anda perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Ingat lagi bahwa asam urat dapat dipicu oleh makanan tertentu seperti daging, ikan, atau sayuran hijau seperti bayam, maka menu makanan penderita asam urat harus dikontrol.

buah untuk asam urat
Buah Rendah Purin Ampuh Mengatasi Asam Urat

Demikian juga dalam memilih buah. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar kebaikan buah bisa diperoleh secara maksimal tanpa menyebabkan kambuhnya asam urat.

Jenis kandungan nutrisi buah untuk mengatasi asam urat meliputi :


1. Buah Dengan Kandungan Purin Rendah


Penyakit asam urat atau gout sangat erat kaitannya dengan berlebihnya kadar asam urat di darah. Kadar asam urat yang tinggi serta ketidakmampuan tubuh mengeluarkan purin dari tubuh dalam bentuk urin, merupakan dua kombinasi pencetus serangan asam urat.

Sementara itu, kelebihan asupan purin akan menyebabkan naiknya asam urat. Karena itulah, buah untuk asam urat tentunya harus yang rendah purin.
Meskipun secara umum buah-buahan mengandung sedikit purin, namun ada beberapa jenis buah yang berada pada urutan teratas dengan kandungan purin yang sedikit. Sebaiknya pilihlah jenis buah yang kandungan purinnya tidak lebih dari 50 mg per 100 gram buah.

2. Buah Kaya Serat


Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan secara umum dan hampir setiap jenis buah kaya kandungan serat. Menurut penelitian di Universitas Maryland Medical Center, mengonsumsi serat 25-40 gram per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sendi penderita asam urat.
Namun, pemilihan buah kaya serat tetap harus memperhatikan poin sebelumnya, yaitu harus rendah purin.

3. Buah Kaya Fitonutrien


Sebagian besar buah mengandung senyawa kimia flavonoid. Senyawa ini bersifat antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas.

Seperti diketahui, radikal bebas dapat masuk melalui pencernaan maupun paparan langsung dari lingkungan dan dapat mengganggu kesehatan.

Akumulasi radikal bebas pada tubuh dapat mengganggu fungsi sel-sel, termasuk menyebabkan peradangan.
Dengan berkurangnya pengaruh buruk peradangan, termasuk karena serangan asam urat.

Nah sis, setelah mengetahui kriteria atau jenis-jenis buah untuk asam urat, Anda mungkin masih bingung menentukan buah apa saja yang baik dikonsumsi.

Berikut ini adalah daftar pilihan buah untuk mengatasi asam urat yang bisa anda coba :


1. Buah Zaitun


Buah satu ini memang dikenal banyak khasiat kesehatan, tak terkecuali untuk penderita asam urat. Kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan kaya akan asam lemak tak jenuh bisa membantu tubuh menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi.

2. Buah Ceri


Buah satu ini dianggap menjadi makanan penurun asam urat paling favorit karena rasanya yang menyegarkan. Menurut penelitian, ceri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko ‘gout’, gangguan yang terkait dengan kadar asam urat yang tinggi.

3. Buah Berry


Beberapa jenis buah yang termasuk kelompok berries seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan cranberry sangat baik untuk tubuh, khususnya sebagai makanan penurun asam urat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya sudah tak diragukan lagi, Parents.

4. Buah Anggur


Buah anggur dikenal sebagai buah yang kaya kalium, vitamin C, senyawa bioflavonoid, juga rendah kandungan purin. Menambahkan buah ini dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu menurunkan asam urat dan meredam nyeri akibat asam urat.

5. Buah Jeruk Manis


Buah dengan kombinasi rasa manis, asam, dan segar ini cukup sering menghiasi ruang makan sebagai buah meja. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, kaya akan senyawa fenolik, beta-karoten, dan likopen yang bersifat antioksidan membuat buah ini baik untuk penderita asam urat.

6. Buah Kurma


Kurma juga merupakan salah satu jenis buah untuk asam urat karena mengandung rendah purin. Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sendi.

7. Buah Lemon


Asam dan segar, buah satu ini sudah cukup terbukti menurunkan asam urat juga kadar kolesterol jahat dalam darah yang terlalu tinggi. Kandungan vitamin C-nya mampu melarutkan asam urat yang terdapat dalam darah, lalu mengeluarkannya melalui urin.

8. Buah Tomat


Kaya akan antioksidan, tomat menjadi makanan penurun asam urat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Tomat memiliki sifat alkali alami, khususnya saat bercampur dalam darah. Sifatnya ini bisa menurunkan kadar asam urat secara berkala.

9. Buah Pisang


Buah ini tentu sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, pisang kaya akan potasium, antioksidan, dan vitamin C. Kandungannya itu membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dalam darah bila dikonsumsi secara rutin.

10. Buah Apel


Cara menurunkan asam urat dengan memakan buah apel, tentunya Anda tidak perlu khawatir terkena asam urat sebab kandungan yang ada didalamnya berperan menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah.

11. Buah Delima


Kali ini Anda juga bisa mengkonsumsi buah delima, buah yang memiliki rasa yang khas ini ternyata berfungsi mengurangi plak dalam arteri yang menyebabkan asam urat tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk penderita asam urat.

12. Buah Alpukat


Buah lain yang sangat bagus untuk kesehatan asam urat adalah buah alpukat. Diketahui, buah alpukat ini memiliki kandungan gula yang sedikit jadi sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

1 Komentar untuk "12 Buah Kaya Serat Dan Rendah Purin Ampuh Mengatasi Asam Urat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel