9 Cara Memilih Durian Matang dan Manis Dijamin Berhasil

Buahpedia.com, artikel ini berjudul 9 Cara Memilih Durian Matang dan Manis Dijamin Berhasil. Wah lagi musim durian nih. Seneng ya rasanya bisa menikmati buah yang super enak dan penuh manfaat ini bersama keluarga, saudara dan teman. Tapi tahu g sis ada cara lho agar durian yang kita beli sesuai harapan dan tidak membuat kita kecewa.

Cara Memilih Durian Matang
Memilih Buah Durian Matang

Coba bayangkan sis kalau kita sudah beli durian yang harganya mahal dengan harapan untuk oleh-oleh keluarga dirumah, tahu-tahu setelah dibuka isinya cuma dikit, hikss...sedih kan sis atau ada juga yang meski ada dagingnya dan tebal eh malah rasanya g ada alias hambar, rasanya itu kayak hati yang tertusuk-tusuk duri buah durian sis, sakit. hahaha..lebay deh.

Berikut tips memilih durian yang matang dan manis. Ternyata, ada banyak trik yang bisa Anda coba disini. Memilih durian itu ada tipsnya, mulai dari aroma hingga bentuknya.

Penasaran? Simak tips langsung dari Buah Pedia. Kita harus tahu cara memilih durian agar tak hanya mendapatkan buahnya yang lezat dan manis. Buat pecinta durian, nih Buah Pedia mau ngasih tahu kamu cara memilih buah durian yang harum dan manis.

Oke sis biar g kepanjangan tulisanya, langsung saja ikuti ya cara dari kami berikut ini:

1. Bentuk

Cara Memilih Durian
Bentuk Buah

Pilih durian dengan bentuk bulat, bukan lonjong. Bentuk yang bulat menandakan daging buahnya tebal. Pilihlah durian yang bulat dan hindari yang lonjong. Biasanya durian bulat punya daging yang lebih banyak dibanding durian lonjong.

Karena tak semua durian bentuknya bulat, ada juga yang berbentuk lonjong. Tapi jika kamu pengen daging yang lebih banyak, maka pilihlah buah durian yang bentuknya bulat. Menurut pedagang buah, buah durian bulat lebih banyak daging buahnya.

2. Duri

Cara Memilih Durian
Duri Buah

Carilah durian dengan duri yang gak rapat dan berukuran pendek ya sis, Mungkin jarang yang memperhatikan duri ketika membeli durian.
Asal kamu tahu saja, duri durian yang pendek dan jarang biasanya mempunyai daging durian yang tebal dan manis. Sebaliknya, jika kamu menemukan duri yang panjang dan banyak biasanya dagingnya sedikit dan kurang manis. Mulai sekarang perhatikan durinya ya sis.

3. Ukuran

Cara Memilih Durian
Ukuran Buah

Bila ukuran tangkainya pendek, artinya daging buah durian tersebut banyak dan tebal, Tangkai bisa menentukan besarnya daging durian lho sis. Jika tangkainya besar dan pendek biasanya dagingnya cukup tebal. Sementara jika tangkainya panjang dan kecil biasanya dagingnya sedikit. Namun tips ini cukup sulit karena biasanya pedagang sudah memotong tangkainya sebelum dijual.

4. Getah

Cara Memilih Durian
Getah Buah

Pilih juga tangkai buah durian yang masih memilih getah. Getah yang masih menempel di tangkai menandakan durian baru saja dipetik dari pohon, tidak kalah penting jangan lupa perhatikan getah di tangkainya juga sis. Jika tangkainya tebal dan pendek maka daging yang ada di dalamnya banyak.

5. Berat

Cara Memilih Durian
Berat Buah

Makin berat buah durian bukan berarti daging durian itu makin banyak lho sis. tapi Carilah durian yang ringan, karena artinya bijinya kecil namun tebal dagingnya.

6. Warna

Cara Memilih Durian
Warna Buah

Bila berwarna hijau, bisa jadi buahnya belum matang. Tapi, warna kuning pun sebetulnya belum tentu durian sudah siap santap. Jadi, harus teliti memilih. Selama ini mungkin kamu sering memilih durian karena warna kulitnya. Kulit durian biasanya berwarna coklat, hijau, dan kuning.

Jangan beranggapan kalau warna coklat berarti durian sudah matang sehingga rasanya manis. Jangan pula berpikir jika durian dengan kulit berwarna hijau berarti belum matang dan tidak manis. Kulit durian tidak menjamin isinya kok sis, tidak seperti buah-buahan lainnya. So, abaikan soal warna ya. Hijau yang matang dan manis pun banyak kok.

7. Aroma

Cara Memilih Durian
Aroma Buah

Caranya, dekatkan hidungmu pada bagian tengah durian, lalu ciumlah aroma wangi yang keluar. Makin harum aromanya, daging durian makin tebal, manis, dan legit, Sebelum membeli, cium terlebih dahulu aroma durian tersebut. Meski kulit durian masih tertutup rapat, namun aroma durian yang matang dan manis bisa tercium kok.

Jika aromanya harum maka daging buah durian tersebut rasanya manis. Cara ini adalah cara paling konvensional yang sudah dilakukan para pembeli. tapi hati-hati ya sis nanti hidungnya tertusuk duri tajam durian.hehehe...

8. Bunyi

Cara Memilih Durian
Bunyi Buah

Durian yang telah matang sempurna punya suara berat dan berbunyi "bluk-bluk" seperti terendam air, Mintalah bantuan si penjual untuk mengetuk-etuk kulit buah durian tersebut dengan pisau. Jika suaranya ‘plek-plek’ maka durian tersebut belum matang. Sementara jika suaranya sudah berbunyi ‘bluk-bluk’ maka durian itu bisa dipastikan sudah matang. Coba deh dengerin baik-baik suaranya ya sis.

9. Kulit

Cara Memilih Durian
Kulit Buah

Meskipun hanya terbuka sedikit, daging durian sudah terkontaminasi udara luar yang bikin daging buahnya berubah menjadi hambar. Kadang durian yang dijajakan di pinggir jalan ada yang sudah terbuka kulitnya. Ya meskipun kecil dan tak seberapa, sebaiknya kamu jangan beli durian tersebut sis.

Kulit yang terbuka membuat daging durian terkena angin dan perlahan menghilangkan aroma harum dan rasa manisnya. Jangan kaget kalau kamu buka duriannya malah hambar. so jangan pernah menerima durian yang kulitnya sudah terbuka. Karena kulit yan terbuka ini bisa membuat durian menjadi hambar.

Itulah sis 9 Cara Memilih Durian Matang dan Manis Dijamin Berhasil, jadi sekarang jangan takut kecewa lagi ya sis kalau pengen membeli buah durian untuk oleh-oleh di rumah. kalau teliti dan hati-hati bukan tidak mungkin kita mendapatkan durian yang super enak dengan harga murah yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan itu sis. so...kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman dan kerabat ya sis, apalagi ini lagi musim durian jadi biar semua tahu. terimakasih atas kunjunganya...

6 Komentar untuk "9 Cara Memilih Durian Matang dan Manis Dijamin Berhasil"

  1. Tinggalkan komentar ya sis... jika ada pertanyaan dalam artikel kami tentang "9 Cara Memilih Durian Matang dan Manis Dijamin Berhasil" terimakasih.

    BalasHapus
  2. Untuk melihat artikel tentang buah durian lainya bisa anda cari dalam tombol pencarian. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak mbak, tipsnya berhasil. Sekarang beli durian meskipun yang kecil dan murah tapi dapet rasa lumayan manis.hehe

    BalasHapus
  4. Durian yang saya pilih selalu matang berkat artikel ini kak. Meskipun belinya dipinggir jalan, sekarang tidak pernah kecewa lagi.thanks

    BalasHapus
  5. Artikel tentang buah durian paling lengkap menurut saya. Terimakasih tipsnya.

    BalasHapus
  6. Mantapsss gan...mumpung musim durian tiba. Thank tipsnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel