9 Pewarna Alami Makanan Berbahan Buah Yang Aman Dan Menyehatkan

Buahpedia.com, Hai sis apa kabar? Semoga baik semua ya. Pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja pewarna alami makanan berbahan buah yang aman dan menyehatkan. Selain dari penampilannya yang cantik dan rasanya yang enak, warna makanan juga bisa memengaruhi selera lho sis, g percaya???

Karena itu kali ini Buahpedia.com akan memberikan informasi apa saja sih sis buah yang memiliki pigmen warna tertentu untuk dijadikan sebagai pewarna makanan alami yang aman.

Pewarna alami makanan aman dan sehat
Pigmen Alami Buah Baik Untuk Pewarna Makanan

Apalagi jika makanan itu untuk dikonsumsi buah hati dan keluarga, wah kasihan sekali kan kalau harus menggunakan pewarna kimia yang belum pasti aman untuk anak-anak sis. Jadi g perlu khawatir lagi deh sis akan dampak bahan kimia karna pewarna makanan.

Berikut adalah pewarna alami makanan berbahan buah yang aman dan menyehatkan:


1. Pewarna Alami Merah


Buah Naga


Buah naga sudah cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari salah satu tumbuhan kaktus ini dapat dijadikan salah satu pewarna makanan alami. Warna yang dihasilkan berupa warna merah magenta.

Cara mengolahnya pun mudah. Anda cukup menghaluskan daging buah naga merah dengan blender lalu campurkan dengan bahan makanan yang ingin diberi warna. Selain daging buah, kulit dari buah naga ini juga dapat dijadikan pewarna makanan alami.

2. Pewarna Alami Biru


Buah Blueberry

Bluberry merupakan salah satu jenis beri berwarna biru-violet yang sering dijumpai. Blueberry dapat menghasilkan warna biru alami yang menarik.

Blueberry mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Selain itu blueberry juga tinggi serat dan mineral.Anda cukup menghaluskan blueberry dan menyaringnya untuk mendapatkan warna biru alami dari buah ini.

3. Pewarna Alami Cokelat


Buah Kelapa

Untuk warna coklat ini bukan kelapa segar yang kita gunakan melainkan produk olahan dari buah kelapa yaitu gula merah. Selain memiliki rasa yang manis, gula merah juga dapat memberikan warna cokelat untuk makanan.

Pewarna ini juga sering digunakan sebagai pewarna untuk dodol dan bubur.

4. Pewarna Alami Kuning


Buah Tomat

Warna merah tomat juga berasal dari pigmen likopen, terutama bagian kulitnya.
Untuk mendapatkan pigmen likopen dapat dengan menggunakan pelarut kimia, seperti etil asetat dan n heksana, dan tidak larut dalam air.

5. Pewarna Alami Ungu


Buah Jamblang

Buah Jamblang atau Duwet merupakan sejenis buah berwarna ungu tua.
Warna ungu tua pada Jamblang berasal dari kandungan antosianin.

Untuk mendapatkan warna tersebut kita dapat melakukan ekstraksi dengan pelarut hidrofilik.

Buah Murbei

Buah yang terkenal karena daunnya untuk makanan ulat sutera ini, juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan.
Dengan menghaluskan buah tersebut, maka dengan mudah didapatkan warna ungu kemerahan untuk makanan.

6. Pewarna Alami Hitam


Buah Kluwak

Kluwak merupakan sejenis buah,yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pewarna.
Jika ingin mendapatkan warna yang hitam atau pun cokelat pekatnya, cukup dengan mengambil daging yang ada di dalam bijinya.

7. Pewarna Alami Putih


Buah Kelapa

Menghasilkan warna putih dari bahan alami adalah dengan memanfaatkan sari pati kelapa yaitu santan. Santan sudah sering dipakai sebagai bahan makanan dan minuman.

Caranya pun mudah, tinggal diparut kelapanya lalu tambahkan sedikit air dan peras. Namun penggunaan santan ini dapat mempengaruhi cita rasa makanan.

8. Pewarna Alami Oranye


Buah Jeruk Orange

Gunakan buah jeruk orange atau jeruk manis untuk memberi pigmen warna oranye pada makanan. Nggak hanya warna, jeruk manis juga memberikan rasa manis pada makanan.

Makanya, kamu perlu pertimbangkan jenis makanan yang cocok ditambahkan sari jeruk untuk diwarnai. Caranya pun simpel, cukup potong-potong jeruk manis lalu haluskan, peras untuk mendapatkan sarinya.

9. Pewarna Alami Pink


Buah Stroberi

Buah stroberi dapat menghasilkan warna alami merah muda. Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Untuk pengolahannya sebagai bahan warna, Anda cukup menghaluskan beberapa buah stroberi lalu menyaringnya agar mendapatkan ekstrak dari warna merah tersebut.

Jika menginginkan warna yang lebih pekat, Anda dapat memanaskannya beberapa saat.

Nah itu dia sis macam-macam pewarna alami yang berbahan buah yang Buahpedia.com rangkum yang bisa kamu gunakan untuk aneka hidangan sehat dan bermanfaat untuk kesehatan. Selamat mencoba ya.

1 Response to "9 Pewarna Alami Makanan Berbahan Buah Yang Aman Dan Menyehatkan"

  1. Info yang sangat bermanfaat. jadi aman untuk keluarga.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel